THANKS BUAT BPK/IBU YG KIRIM ARTIKEL VIA E MAIL KAMI

Senin, 12 Desember 2011

DANA BOS MINGGU INI CAIR - MARI KITA KAWAL

Dalam minggu ini Dana Bos dipastikan sudah cair. Masing-masing sekolah dapat segera mencairkan melalui bank yag telah ditunjuk.
Bahkan di beberapa kabupaten tepat tanggan 12 Desember ini telah mencairkan melalui transfer rekening sekolah masing-masing, seperti halnya di Bandung Barat yang dilansir oleh harian Kompas.

Hari ini Dana BOS Rp 22,2 Miliar Cair
BATUJAJAR,(GM)-
Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kab. Bandung Barat (KBB) memastikan, dana Bantuan Operasional Siswa (BOS) triwulan keempat sebesar Rp 22.223.672.750 untuk SD dan SMP Negeri bakal cair pada Senin (12/12). Sementara untuk sekolah swasta menyusul satu atau dua hari setelah pencairan sekolah negeri.

Hal itu disampaikan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) BOS tahun 2011, Disdikpora KBB, Unang Rahmat Hidayat di Batujajar, Minggu (11/12). Kepastian pencairan dana BOS berdasarkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) No. 931/285/SPM-LS/Disdikpora/2011 tertanggal 8 Desember 2011 tentang Penyediaan Dana BOS APBN untuk SD dan SMP Negeri Periode Oktober-Desember 2011.

"Dana BOS periode Oktober-Desember 2011 disalurkan atau ditransfer ke rekening sekolah penerima dana BOS per tanggal 12 Desember 2011. Dana yang diterima sekolah segera dipergunakan sesuai dengan anggaran pendapatan dan belanja sekolah (APBS) yang mengacu kepada Permendiknas No. 37 Tahun 2010," kata Unang.

Ia mengatakan, penggunaan dana BOS harus berpedoman pada panduan pelaksanaan program BOS yang dikeluarkan pemerintah pusat, antara lain untuk pembelian buku teks, pembiayaan seluruh kegiatan siswa baru, ulangan harian, pembelian bahan-bahan habis pakai, pembiayaan perawatan sekolah, pembayaran guru honorer, dan pengembangan profesi guru, pemberian biaya transportasi siswa miskin, pembiayaan pengelolaan alat tulis kantor, dan pembelian komputer maksimum satu unit dalam satu tahun anggaran.

"Apabila semua pengadaan sudah terpenuhi, maka sisanya dapat digunakan untuk membeli alat peraga dan lain-lain," kata Unang.

Berdasarkan catatan "GM", di KBB terdapat 676 SD Negeri dengan jumlah siswa penerima BOS sebanyak 171.088 orang yang total bantuannya Rp 16.980.484.000, 62 SMP Negeri dengan jumlah siswa penerima BOS 35.940 orang dengan total bantuan Rp 5.121.000.000. Sementara untuk sekolah swasta, baik SD umum, SDLB, dan SMPLB mendapat kucuran dana sebesar Rp 2,6 miliar lebih.

Ia mengatakan, dana BOS triwulan keempat harusnya dicairkan Oktober lalu. Keterlambatan pencairan dana BOS triwulan keempat bukan disebabkan proses di tingkat KBB, tapi anggaran dari pemerintah pusat yang baru masuk ke kas daerah pekan lalu. Keterlambatan pencairan dana BOS di KBB, lanjut Unang, juga menimpa daerah lain. (B.104)**


Berkaitan dengan itulah seluruh elemen masyarakat, utamanya semua anggota dan simpatisan MPP ULUJAMI agar mengawal dan memantau pencairan sampai dengan penggunaan dana masyarakat tersebut.

Selamat bekerja semoga Allah SWT meridloi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer